Kamis, 25 September 2014

Universitas Muhammadiyah Malang



Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia. UMM berdiri sejak tahun 1964. UMM juga dikenal sebagai Gedung Putih. UMM sendiri telah menjadi instansi yang terakraditasi A. Ditahun 2014 ini, terdapat kurang lebih 80an mahasiswa dari luar negeri yang menempuh pendididkan di UMM. Tak salah karena beberapa dosennya adalah lulusan luar negeri. Contohnya
Ibu Ir. Henik Sukorini, MP. phD yang menyelesaikan pascasarjananya di Filiphina. Dan banyak para dosen UMM yang juga lulusan Universitas ternama di Indonesia. Contohnya di UGM dan IPB.



UMM mempunyai tiga kampus. POM bensin, Hotel UMM Inn, Masjid Ar - Fachruddin, RS UMM, serta tempat rekreasi di Sengkaling. Kampus I UMM dikhususkan untuk program pascasarjana yang berada di Jl. Bandung No. 1 Malang, Jawa Timur 65113. Sedangkan kampus II dikhususkan untuk Fakultas Kedokteran dan Akademi Keperawatan yang berada di Jl. Bendungan Sutami 188A Malang, Jawa Timur 65145. Nah, yang terakhir adalah Kampus III yang menjadi pusat dari kampus UMM. Kampus III berada di Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, Jawa Timur 65144.
Di Kampus III UMM terdapat beberapa bangunan sebagai fasilitas dan penunjang bagi para mahasiswanya, karena Kampus III adalah pusat UMM. Kampus III memiliki Masjid Universitas terbesar se Indonesia. Terdapat pula perpustakaan pusat, perpustakaan dengan koleksi terlengkap dari kedua Kampus UMM yang lainnya. Ada pula gedung yang disebut juga Dome. Dome merupakan gedung tempat dimana diadakan acara atau kegiatan seperti pentas seni, pertemuan akbar, seminar, dan lain sebagainya. Tak ketinggalan, UMM juga menyediakan RUSUNAWA atau Rumah Susun Sewa Mahasiswa yang menyediakan tempat tinggal bagi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di UMM. Rusunawa terletak dibelakang UMM.


UMM memiliki beberpap fakultas dan Program Pascasarjana serta Program Doktor. Beberapa fakultas yang berada di UMM adalah:
1. Fakultas Agama Islam (FAI) yang memiliki tiga program studi. Yaitu, Ekonomi Syari’ah, Tarbiyah, Syari’ah.
2. Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) yang memiliki enam program studi . yaitu, Agroteknologi, Agribisnis, Kehutanan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, dan Perikanan.· 3. Fakultas Hukum.
4. Ilmu Kesehatan (FIKES) yang memiliki tiga program studi. Yaitu, Farmasi, D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, dan S1 Fisioterapi.
5. Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) yang memiliki lima program studi. Yaitu, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Sosiologi, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial.
6. Psikologi.
7. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang memiliki enam program studi. Yaitu, PPKN (civic hukum), Pend. Biologi, Pend. Bahasa Indonesia, Pend. Bahasa Inggris, Pend. Guru SD (PGSD), dan Pend. Matematika.
8. Fakultas Teknik yang memiliki enam program studi. Yaitu, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Informatika, dan D3 Elektronika.
9. Fakultas Ekonomi dan Bisnis yamng memiliki empat program studi. Yaitu, Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Akuntansi, D3 Keuangan dan Perbankan.
10. Fakultas Kedokteran yang memiliki dua program studi. Yaitu Pend. Dokter dan Profesi Dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar